All About Computer

Semua Tentang Komputer

  • RSS
  • Instagram
  • Facebook
  • Twitter

Popular Posts

Tips Memilih VGA
Metal Gear Rising Revenge
Kojima Ingin Rilis MGS V: Phantom Pain Untuk PC!

About Me

Popular Posts

Thumbnail Recent Post

Tips Memilih VGA

Punya budget tapi bingung mau beli VGA apa dan seri yang mana? ini sedikit tips dari saya...

Sekilas Tips Mengenai Processor

Sekilas mengenai prosessor AMD maupun Intel dan sedikit tips dari saya, Mana yg terbaik? Kita lihat saja...

Tips Memilih Casing

Sedikit pengetahuan dan tips untuk membeli casing...

Macam - Macam Pendingin Prosessor

Sedikit pengetahuan tentang macam - macam pendingin prosessor...

Istilah - Istilah dalam Dunia PSU

Sedikit pengetahuan dan istilah istilah dalam dunia Power Supplay (PSU)...

Titanfall JagatPlay (145)
Apa yang Anda harapkan ketika mendengar game yang tengah Anda antisipasi saat ini ternyata membutuhkan storage yang sangat besar? Sebagian besar dari kita tentu saja akan mengambil sikap sangat memaklumi dan berharap bahwa kebutuhan akan kapasitas sebesar itu akan terbayarkan dengan kualitas gameplay yang ada. Karena seperti kebiasaan pada umumnya, kebutuhan seperti ini biasanya berisikan file-file tekstur dan efek yang tentu saja – relevan dengan peralihan generasi industri game saat ini. Namun hal ini ternyata tidak terjadi di Titanfall versi PC. Hampir 70% dari total kebutuhan data 50 GB yang ia usung ternyata berisi file audio saja. Apa yang sebenarnya terjadi? Respawn akhirnya memberikan sedikit gambaran.

Dalam wawancaranya dengan Eurogamer, kepala engineer Respawn – Richard Baker mengakui bahwa Titanfall versi PC memang menyuntikkan sekitar 35 GB file audio di dalamnya. Namun di saat yang sama, ia juga mengungkapkan justifikasi dari kebijakan yang mereka ambil ini. Baker menegaskan bahwa 35 GB file audio yang tidak mengalami kompresi ini semata-mata untuk membantu gamer PC dengan spesifikasi lebih rendah untuk dapat menikmati Titanfall dengan lebih optimal.

Respawn menjelaskan bahwa keputusan menyuntikkan 35 GB file audio ke Titanfall versi PC semata-mata untuk membantu gamer dengan spesifikasi yang rendah. File audio yang tidak dikompress berarti menihilkan kebutuhan CPU untuk melakukan proses decompress, yang membuatnya bisa lebih difokuskan untuk "menjalankan" Titanfall.
Respawn menjelaskan bahwa keputusan menyuntikkan 35 GB file audio ke Titanfall versi PC semata-mata untuk membantu gamer dengan spesifikasi yang rendah. File audio yang tidak dikompress berarti menihilkan kebutuhan CPU untuk melakukan proses decompress, yang membuatnya bisa lebih difokuskan untuk “menjalankan” Titanfall.
Dengan menyuntikkan file mentah audio seperti ini, CPU tidak akan dibebani dengan pekerjaan melakukan decompress file audio yang menurut Baker, bisa saja memakan satu core sendiri. Dengan logika CPU hanya bertugas menangani game, Titanfall akan berjalan lebih lancar di PC yang lebih lambat. Hal ini memang terbukti dengan kebutuhan spesifikasi minimal yang memang tidak seberat game-game dengan identitas “next-gen” yang lain.

Apakah ini termasuk alasan yang valid untuk “membenarkan” aksi 35 GB untuk file audio ini? Sayangnya bagi kami, yang sudah mencicipi Titanfall sendiri, tetap tidak bisa masuk dalam logika. Mengapa? Karena jika Respawn berangkat dari pertimbangan ini, mereka sebenarnya bisa menyiasati kebutuhan audio ini dengan memberikan opsi hanya meng-install bahasa yang Anda mengerti tanpa perlu memaksakan instalasi bahasa yang lain. Ini tentu akan membantu gamer menghemat jauh lebih banyak storage bagi gamer PC. Mereka seolah lupa bahwa ada gamer PC di luar sana yang juga harus berjuang dengan terbatasnya ruang data mereka.


Optimize it more, Respawn, please!

Sumber : Jagatplay.com

Leave a Reply