All About Computer

Semua Tentang Komputer

  • RSS
  • Instagram
  • Facebook
  • Twitter

Popular Posts

Tips Memilih VGA
Metal Gear Rising Revenge
Kojima Ingin Rilis MGS V: Phantom Pain Untuk PC!

About Me

Popular Posts

Thumbnail Recent Post

Category List

Tips Memilih VGA

Punya budget tapi bingung mau beli VGA apa dan seri yang mana? ini sedikit tips dari saya...

Sekilas Tips Mengenai Processor

Sekilas mengenai prosessor AMD maupun Intel dan sedikit tips dari saya, Mana yg terbaik? Kita lihat saja...

Tips Memilih Casing

Sedikit pengetahuan dan tips untuk membeli casing...

Macam - Macam Pendingin Prosessor

Sedikit pengetahuan tentang macam - macam pendingin prosessor...

Istilah - Istilah dalam Dunia PSU

Sedikit pengetahuan dan istilah istilah dalam dunia Power Supplay (PSU)...

Halo guys, setelah saya menginformasikan tentang istilah - istilah dalam PSU, sekarang saya akan sedikit berbicara tentang Processor, Apa itu processor? processor adalah bagian dari komputer yang sangat penting  sebagai otak maupun pengendali computer yang dibantu oleh komponen - komponen lainnya, secara garis besar "Processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas. Processor terletak pada socket yang telah disediakan oleh motherboard, dan dapat diganti dengan processor yang lain asalkan sesuai dengan socket yang ada pada motherboard. Salah satu yang sangat besar pengaruhnya terhadap kecepatan komputer tergantung dari jenis dan kapasitas processor.

Prosesor adalah chip yang sering disebut “Microprosessor” yang sekarang ukurannya sudah mencapai Gigahertz (GHz). Ukuran tersebut adalah hitungan kecepatan prosesor dalam mengolah data atau informasi. Merk prosesor yang banyak beredar dipasatan adalah AMD, Apple, Cyrix VIA, IBM, IDT, dan Intel. 
Bagian terpenting dari Prosesor terbagi 3 yaitu :
  • Aritcmatics Logical Unit (ALU)
  • Control Unit (CU)
  • Memory Unit (MU)"
referensi diambil dari babesajabu.wordpress.com

Saat ini hanya ada 2 perusahaan yang menguasai pasar prcessor, yaitu AMD (Advanced Micro Devices) dan Intel. Saat ini generasi terakhir AMD adalah AMD bulldozer/Zambezi dengan kode FX dan APU Llano yang menggabungkan graphic dan processor dalam 1 die, contoh seri - seri AMD adalah  FX-4100, FX-6100, FX 8150, dan A4-3400, A8-3870K, dan A10-5800K, dsb.. pada saat ini AMD masih kalah dengan Intel dalam hal game hierarchy. Sekarang kita bahas tentang Intel, Generasi terbaru intel saat ini adalah Ivy bridge yang baru launching pertengahan 2012 ini, ivy bridge meneruskan generasi Sandy bridge yang menggolongkan produk dengan seri Intel core I3, I5 dan I7, Ivy bridge masih memakai LGA yang sama dengan Sandy Bridge yaitu LGA 1155, processor tercepat yang dimiliki Intel adalah processor seri I7 extreme edition yang memakai LGA 2011. Contoh Seri - seri dari Intel : Core I3 3220, I5 3570K, I7 3770K dan I7 3970X. Pemberian K pada seri berarti processor itu di unlock oleh Intel agar bisa leluasa meng Overclock, seri tanpa penambahan K terbatas atau bahkan tidak bisa di overclock. Saat ini Intel sudah selangkah lebih maju dari pesaing terberatnya AMD, kita bisa melihat CPU gaming hierarchy card dibawah ini:
Bisa dibilang aneh melihat gaming hierarchy tersebut, karena Seri tertinggi AMD yaitu FX-8350 Hanya sejajar dengan I3 generasi kedua dan I7 generasi pertama, saya juga bingung kenapa bisa begitu padahal dari harga FX-8350 bisa mencapai 1,9jt sedangkan I3 3220 hanya seharga 1,2 jt tetapi ini dilihat dari performa gamenya dan mungkin juga performa ini asli dari processor tersebut tanpa VGA tambahan. mungkin klo memakai VGA tambahan kedua processor ini hampir sama bahkan bisa saja lebih unggul FX 8350 karena FX-8350 sudah mempunyai 8 core sedangkan I3 hanya memiliki 2 core 4 thread saja, tetapi itu hanya perkiraan saya saja klo ingin lebih jelas bisa tanya ke mbah google.. Jadi sudah bukan zamannya/ kurang tepat orang menyebut bahwa processor AMD adalah processor game ataupun gamer tetapi masih ada pilihan bagi gamer ataupun Fans AMD yang berbudget tipis untuk membeli processor APU Llanno karena performanya yang baik dengan harga yang terjangkau. Tetapi kemudahan Processor AMD untuk di Overclock menjadi nilai Plus bagi penggemar AMD dan pecinta overclock. Pembahasan ini dilihat dari sisi game dan kondisi Processor masih dalam keadaan default, jadi soal Performa Processor untuk Computing/ Desain atau yang lainnya saya kurang tau.. Jadi Tips dari saya adalah berpintarlah memilih Processor, bagi saya untuk saat ini, membeli Processor Intel generasi baru lebih worth/ tepat daripada membeli prcessor AMD. dan jangan lupa sesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang anda miliki. Sekian dulu pembahasan tentang processor, jika ada yang salah saya mohon maaf.. See you !!



Leave a Reply