All About Computer

Semua Tentang Komputer

  • RSS
  • Instagram
  • Facebook
  • Twitter

Popular Posts

Tips Memilih VGA
Metal Gear Rising Revenge
Kojima Ingin Rilis MGS V: Phantom Pain Untuk PC!

About Me

Popular Posts

Thumbnail Recent Post

Category List

Tips Memilih VGA

Punya budget tapi bingung mau beli VGA apa dan seri yang mana? ini sedikit tips dari saya...

Sekilas Tips Mengenai Processor

Sekilas mengenai prosessor AMD maupun Intel dan sedikit tips dari saya, Mana yg terbaik? Kita lihat saja...

Tips Memilih Casing

Sedikit pengetahuan dan tips untuk membeli casing...

Macam - Macam Pendingin Prosessor

Sedikit pengetahuan tentang macam - macam pendingin prosessor...

Istilah - Istilah dalam Dunia PSU

Sedikit pengetahuan dan istilah istilah dalam dunia Power Supplay (PSU)...

FinalFantasyXV1
PC memang harus diakui, selalu menjadi anak tiri, apalagi jika kita membahas game-game dengan genre JRPG. Hampir sebagian besar game RPG Jepang ini selalu diluncurkan untuk konsol dan handheld, tanpa pernah melihat PC sebagai pasar potensial yang menarik untuk dilirik. Tren ini sendiri tercermin jelas dari sepak terjang salah satu nama JRPG di industri game – Final Fantasy. Terlepas dari beberapa seri lawas seperti seri VII dan VIII yang akhirnya mendapatkan proses port ke platform gaming yang satu ini, sebagian proyek HD Remaster dan seri terbarunya – seperti FF XIII dan XV, lebih cenderung menetap di konsol. Apakah ini berarti gamer PC tidak akan pernah berkesempatan mencicipi seri FF terbaru? Tenang saja, harapan masih terbuka lebar.
Ketertarikan untuk meluncurkan seri Final Fantasy terbaru di masa depan untuk PC diluncurkan dari mulut sang director sendiri – Yoshinori Kitase. Dalam wawancaranya dengan Eurogamer, Kitase mengungkapkan ketertarikannya untuk menjadikan PC sebagai pasar Final Fantasy yang utama. Alasannya? Karena sebagian besar game FF memang dibangun di PC dan berjalan dengan baik di sana, seperti yang terjadi di FF XIII. Namun Kitase juga menjelaskan alasan mengapa pada akhirnya, seri ini hanya meluncur untuk konsol saja.
Kitase mengaku, bahwa jika melihat dari performa dan teknologi yang ditawarkan, bukan sesuatu yang sulit bagi Square Enix untuk mengembangkan Final Fantasy untuk PC. Namun ada dua alasan yang akhirnya membuat Kitase selalu mengurungkan niat ini: potensi pasar dan tentu saja – keamanan. PC dianggap sebagai pasar yang belum cukup potensial untuk disinggahi Square Enix terutama terkait jumlah basis fans Final Fantasy di sana. Sementara keamanan, seperti yang bisa diprediksi, berkisar soal pembajakan yang memang terhitung marak.

Yoshinori Kitase mengungkapkan ketertarikannya untuk menjadikan PC sebagai salah satu platform utama untuk rilis seri Final Fantasy di masa depan.
Yoshinori Kitase mengungkapkan ketertarikannya untuk menjadikan PC sebagai salah satu platform utama untuk rilis seri Final Fantasy di masa depan.
Walaupun demikian, melihat fakta bahwa ada begitu banyak kawasan dan negara dimana sebagian besar gamer sangat mengandalkan PC sebagai platform utama, Square Enix mulai menimbang ulang persepsi ini. Apalagi mengingat keinginan mereka untuk memastikan Final Fantasy dapat dinikmati di setiap negara di dunia dan untuk sebanyak mungkin gamer yang ada. Hal ini juga didukung dengan respon positifyang didapatkan Square Enix ketika meluncurkan Final Fantasy VII dan VIII ke PC.
Jadi, apakah ini berarti Final Fantasy XV yang sebelumnya diumumkan untuk Playstation 4 dan Xbox One, juga akan meluncur ke PC? Kitase tidak memberikan konfirmasi apapun. Ia mengaku PC masih menjadi platform yang “asing” bagi Square Enix, dimana mereka tidak punya banyak pengalaman di pasar yang satu ini. Walaupun demikian, ia menegaskan, jika mereka sudah mulai mengerti strategi, tata cara, dan mengumpulkan pengalaman yang cukup di pasar yang satu ini, mereka akan sangat tertarik untuk mewujudkannya.

Jadi, gamer PC, jika Anda termasuk salah satu yang sangat menginginkan Final Fantasy XV, Kingdom Hearts atau mungkin seri-seri selanjutnya menjadikan PC sebagai platform rilis utama, Anda tampaknya mulai harus membuktikan bahwa PC memang pasar potensial yang sangat menguntungkan untuk Square Enix. Bagaimana caranya? You know what to do..


Sumber : Jagatplay.com

Leave a Reply